Teknik-Teknik Penilaian Prestasi Atau Kinerja Manajemen Kepegawaian

     Organisasi untuk melakukan evaluasi prestasi bagi karyawannya adalah sebagai berikut :
1. RATING SCALE
    Penilaian prestasi metode ini didaasarkan pada suatu skala dari sangat baik, cukup, kurang baik dan jelek. Bentuk ini sangat umum dipakai oleh organisasi dan dilakukan secara subjektif oleh penilai. Evaluasi ini membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan faktor kriteria yang dianggap penting bagi pelaksanaan kerja tersebut.

2. CHEKLIST
     Cheklist adalah penilaian yang didasarkan pada suatu standar unjuk kerja yang sudah dideskripsikan terlebih dahulu, kemudian penilai memeriksa apakah karyawan sudah mengerjakannya. Standar-standar unjuk kerja, misalnya pegawai hadir dan pulang tepat waktu, pegawai bersedia bilamana diminta untuk lembur, pegawai patuh pada atasan dll.

3. CRITICAL INCIDENT TECHNIQUE
    Critical incident technique adalah penilaian yang dilakukan di tempat kerja baik perilaku yang baik maupun perilaku yang tidak baik. 

4. SKALA PENILAIAN BERDASARKAN PERILAKU
    Adalah penilaian yang dilakukan dengan membuat spesifikasi unjuk kerja dalam elemen-elemen tertentu. misalnya dosen diperguruan tinggi elemen-elemen unjuk kerjanya adalah memberikan pengajaran, melakukan penilaian, memberikan bimbingan pada mahasiswa, dan membuat soal.

5. PENGAMATAN DAN TES UNTUK KERJA
    Pengamatan dan tes unjuk kerja adalah penilaian yang dilakukan melalui tes dilapangan.

6. METODE PERBANDINGAN KLOMPOK
    Metode ini dilakukan dengan membandingkan seorang pegawai dengan rekan sekerjanya, yang dilakukan oleh atasan dengan beberapa teknik seperti pemeringkatan (Ranking Methode), pengelompokan pada klasifikasi yang sudah ditentukan(Force Distribution), pemberian poin atau angka (Point Allocation Method), dan metode perbandingan dengan karyawan lain (Paired Comparison).

7. PENILAIAN DIRI SENDIRI
  Adalah penilaian karyawan untuk dirinya sendiri dengan harapan pegawai tersebut dapat mengidentifikasi aspek-aspek perilaku kerja yang perlu di perbaiki pada masa yang akan datang.

8. MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO)
    Management by objective adalah program manajemen yang mengikut sertakan karyawan dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan tujuan-tujuan yang dicapai.

9. PENILAIAN SECARA PSIKOLOGIS 
    Adalah proses penilaian yang dilakukan oleh para ahli pesikologis untuk mengetahui potensi seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan seperti kemampuan intlektual, motivasi, dan lain-lain yang bersifat psikologis.

10. ASSESSMENT CENTRE
    Assessment centre adalah penilaian yang dilakukan melalui serangkaian teknik penilaian dan dilakukan oleh sejumlah penilai untuk mengetahui potensi seseorang dalam melakukan tanggung jawab yang lebih besar. 
    
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEWAJIBAN, HAK DAN LARANGAN BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)

 1. KEWAJIBAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)     Menurut PP No. 53 Tahun 2010 bahwa Kewajiban PNS yaitu sebagai berikut : Setiap PNS wajib setia...