Organisasi untuk melakukan evaluasi prestasi bagi karyawannya adalah sebagai berikut :
1. RATING SCALE
Penilaian prestasi metode ini didaasarkan pada suatu skala dari sangat baik, cukup, kurang baik dan jelek. Bentuk ini sangat umum dipakai oleh organisasi dan dilakukan secara subjektif oleh penilai. Evaluasi ini membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan faktor kriteria yang dianggap penting bagi pelaksanaan kerja tersebut.
1. RATING SCALE
Penilaian prestasi metode ini didaasarkan pada suatu skala dari sangat baik, cukup, kurang baik dan jelek. Bentuk ini sangat umum dipakai oleh organisasi dan dilakukan secara subjektif oleh penilai. Evaluasi ini membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan faktor kriteria yang dianggap penting bagi pelaksanaan kerja tersebut.
2. CHEKLIST
Cheklist adalah penilaian yang didasarkan pada suatu standar unjuk kerja yang sudah dideskripsikan terlebih dahulu, kemudian penilai memeriksa apakah karyawan sudah mengerjakannya. Standar-standar unjuk kerja, misalnya pegawai hadir dan pulang tepat waktu, pegawai bersedia bilamana diminta untuk lembur, pegawai patuh pada atasan dll.
3. CRITICAL INCIDENT TECHNIQUE
Critical incident technique adalah penilaian yang dilakukan di tempat kerja baik perilaku yang baik maupun perilaku yang tidak baik.
4. SKALA PENILAIAN BERDASARKAN PERILAKU
Adalah penilaian yang dilakukan dengan membuat spesifikasi unjuk kerja dalam elemen-elemen tertentu. misalnya dosen diperguruan tinggi elemen-elemen unjuk kerjanya adalah memberikan pengajaran, melakukan penilaian, memberikan bimbingan pada mahasiswa, dan membuat soal.
5. PENGAMATAN DAN TES UNTUK KERJA
Pengamatan dan tes unjuk kerja adalah penilaian yang dilakukan melalui tes dilapangan.
6. METODE PERBANDINGAN KLOMPOK
Metode ini dilakukan dengan membandingkan seorang pegawai dengan rekan sekerjanya, yang dilakukan oleh atasan dengan beberapa teknik seperti pemeringkatan (Ranking Methode), pengelompokan pada klasifikasi yang sudah ditentukan(Force Distribution), pemberian poin atau angka (Point Allocation Method), dan metode perbandingan dengan karyawan lain (Paired Comparison).
7. PENILAIAN DIRI SENDIRI
Adalah penilaian karyawan untuk dirinya sendiri dengan harapan pegawai tersebut dapat mengidentifikasi aspek-aspek perilaku kerja yang perlu di perbaiki pada masa yang akan datang.
8. MANAGEMENT BY OBJECTIVE (MBO)
Management by objective adalah program manajemen yang mengikut sertakan karyawan dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan tujuan-tujuan yang dicapai.
9. PENILAIAN SECARA PSIKOLOGIS
Adalah proses penilaian yang dilakukan oleh para ahli pesikologis untuk mengetahui potensi seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan seperti kemampuan intlektual, motivasi, dan lain-lain yang bersifat psikologis.
10. ASSESSMENT CENTRE
Assessment centre adalah penilaian yang dilakukan melalui serangkaian teknik penilaian dan dilakukan oleh sejumlah penilai untuk mengetahui potensi seseorang dalam melakukan tanggung jawab yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar