EVALUASI PENILAIAN KINERJA
Evaluasi penilaian kinerja adalah proses pemberian umpan balik kepada karyawan yang sedang dinilai dalam upaya memberi masukan tentang aspek-aspek yang harus diperbaiki.
Beberapa Pendekatan yang dapat ditempuh adalah :
1. Evaluation Interview
Adalah memberikan umpan balik tentang unjuk kerja masa lalu dan potensi masa depan.
2. Tell And Listen Approach
Adalah menggambarkan keadaan unjuk kerja pegawai dan menyakinkan pegawai untuk berperilaku baik.
3. Tell And Listen Method
Yaitu memberikan kesempatan kepada pegawai untuk memberikan alasan, mempertahankan apa yang sudah dilakukan, dan mencoba mengatasi reaksi ini dengan membimbing pegawai untuk berperilaku lebih baik.
4. Problem Solving Approach
Yaitu mengidentifikasi berbagai problem yang dihadapi pegawai dalam pekerjaanya melalui pelatihan coaching dan conseling.
Terlepas dari pendekatan apa yang digunakan, beberapa pedoman yang dapat digunakan dalam proses evaluasi adalah :
1. Menekankan aspek-aspek positif dari unjuk kerja pegawai
2. Menyatakan kepada pegawai bahwa proses evaluasi adalah untuk memperbaiki unjuk kerja dan bukan sebagai hukuman.
3. Melakukan evaluasi secara pribadi
4. Melakukan penilaian secara formal, paling tidak sekali setahun dan lebih sering bagi pegawai yang memeliki unjuk kerja yang buruk
5. Memberikan masukan secara spesifik tidak secara umum
6. Menekankan masukan tentang unjuk kerja, bukan ciri-ciri pribadi
7. Tetap tenang dan tidak memberikan pendapat tentang orang yang dievaluasi
8. Mengidentifikasi tindakan yang dapat diambil oleh pegawai untuk memperbaiki unjuk kerja
9. Menunjukan kemauan untuk membantu pegawai dalam usahanya memperbaiki unjuk kerja
10. Mengakhiri proses evaluasi dengan menekankan aspek positif dari unjuk kerja pegawai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar