PENGERTIAN DARI MANAGEMENT PERKANTORAN
Management Perkantoran adalah proses kerja sama diantara sekelompok orang untuk mencapai tujuan kantor yang telah diteapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi management.PENDEKATAN PENDEKATAN MANAGEMENT PERKANTORAN
1. Pendekatan secara ilmiah2. Pendekatan secara seni
3. Pendekatan secara sistematis
4. Pendekatan secara kebiasaan
5. Pendekatan secara peninjauan
JENIS JENIS PEKERJAAN KANTOR
1. Pekerjaan kantor yang bersifat ketatausahaan2. Pekerjaan kantor yang tidak bersifat ketatausahaan
PERANAN PEKERJAAN KANTOR
A. Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi agar dapat membuat keputusan yang tepatB. Melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi, karena berfungsi sebagai pusat ingatan dan sumber dokumen
CIRI CIRI PEKERJAAN KANTOR
A. Bersifat memberi pelayananB. Bersifat memudahkan atau meringankan
C. Bersifat merembet ke segenap bagian organisasi
D. Pekerjaan kantor dilakukan oleh semua pihak
E. Umumnya pekerjaan kantor berisikan pekerjaan pengetikan atau penghitungan
F. Secara tidak langsung mendatangkan keuntungan asas pengorganisasian pekerjaan kantor
ASAS PENGORGANISASIAN PEKERJAAN KANTOR
A. Asas Sentralisasi (Asas Pemusatan)Yaitu pemusatan dari kegiatan-kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu (Kelompok Tunggal) dan manajemennya diserahkan kepada satu orang yang khusus bertanggung jawab dalam bidang aktivitas perkantoran.
B. Asas Desentralisasi (Asas Penyebaran)
Yaitu asas pemencaran atau penyebaran dimana masing-masing bagian pokok bekerja sebagai satu kesatuan yang seakan-akan berdiri sendiri.
C. Asas Campuran
Yaitu pengorganisasian pekerjaan kantor tersebut merupakan sistem kombinasi antara sentralisasi dengan desentralisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar